Jumat, 09 Desember 2011

Kegelisahan Aisyah

“Selamat pagi yang…” gadis itu mengucapkan salam, dan seutas senyum hangat pun menyambut dengan lanjutan, “Apa tidurmu nyenyak semalam?” kemudian si gadis menganggukkan kepala.
Namanya Aisyah, mahasiswa yang baru saja mendapatkan gelar sarjana, yang masih setia pada kejujuran, mencoba percaya pada kerja keras, dan berjuang menemukan harapan pada setiap jengkal kesabaran untuk mencapai tujuan hidupnya, IMPIAN. Belum lagi urusan impian terpecahkan, pikirannya terganggu oleh sebuah pertanyaan tak sederhana.
Ais, begitu ia biasa dipanggil, bisa tidur setelah obrolan semalam selesai. Pertanyaan yang menghalangi datangnya nyenyak selama ini sudah pergi karena semalaman Ais mencritakan itu pada Eyang Uti. Dan ketika pagi datang, ia menuliskan ini dalam buku sakunya…
“Hah…begitu susah menulis dengan cara yang baik, mencoba menyampaikan rasa dengan elegan, tak begini, seperti tak mengerti aturan. Aku hanya ingin tanyakan, apa yang membuat wanita mempertimbangkan untuk menerima pinangan seorang pria? Menurut penuturan Eyang Uti, ada dua alasan yang mendasar,
Pertama Agama, Seorang pria yang baik agamanya InsyaAllah pun akan menjadi Imam yang baik bagi keluarga. Janji Tuhan, pria yang baik akan disandingkan dengan wanita yang baik-baik pula, begitu pun sebaliknya, jadi biarkanlah ia berusaha membaikkan dirinya agar kelak dipertemukan oleh janji Tuhan.
Kedua Kesiapan, Merasa belum siap bersanding dengan pria hebat yang akan menjadi tempat pengabdian seumur hidup. Jadi Ijinkanlah ia untuk memantaskan diri sebelum menyambut jodoh yang nanti akan menjadi suaminya.
Lantas apa yang ada dibenakmu sekarang? Taukah kau, seorang wanita hanya butuh waktu, dan pertanyaannya adalah bisa kah kau dengan sabar memberikan itu?”
Begitulah Ais mengakhiri dengan sebuah tanda tanya. Walau tak banyak, namun tulisan itu cukup membuat lembaran buku sakunya laris disapu pena. Sambil merasakan nikmat teh buatan Eyang Uti, otot-otot bibir Aisyah dengan ikhlas menggambar sebuah senyum dengan banyak pemaknaan..

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

 
;